Resep Cara Membuat Makanan Nusantara Yang Enak

Resep Mie Ongklok Khas Wonosobo ASLI BGT

Resep Mie Ongklok Khas Wonosobo ASLI banget deh. cicipi rasa unik dan lezat setelah anda tahu cara membuat mi tradisional ini dengan kuah udang ebi.
Mienya sih seperti seperti olahan mie lain, memakai mie kuning. Yang membedakan yaitu campurannya. Bila olahan mie lain umum memakai tauge atau sawi juga sebagai campurannya, Mie Ongklok mencampurkan kubis serta kucai juga sebagai sayurannya.

Resep Mie Ongklok
Begini hasil cara membuat Mie Ongklok dari wonosobo

Mie serta potongan sayuran diatur sedemikian rupa hingga membuat kerucut lantas diguyur kuah kental. Nah, kuah inilah yang bikin Mi Ongklok merasa istimewa, lezat membuai lidah. Olahan mie lain tidak ada deh yang sama, baca urap sayuran khas sunda.
yang bikin kuah Mie Ongklok ini merasa nikmat yaitu lantaran terbuat dari kombinasi saripati singkong, gula merah serta udang kering di Pembuatan Mie khas wonosobo Khas Wonosobo ini, kemudian disempurnakan dengan bumbu kacang, juga taburan lada serta bawang goreng. Langkah bikin Mi ini jg unik. Mie beserta sayuran dimasukkan ke wadah berbentuk saringan bambu, lantas dicelup-celupkan saja ke air mendidih.
Nikmati Mi Ongklok juga ada seninya. Di nikmati sesuap demi sesuap tanpa mengakibatkan kerusakan bentuknya. Tidak juga komplit bila menikmatinya tanpa ada ditemani sate sapi. harus sate sapi? Mengapa gak sate ayam, sate kelinci atau sate kambing ?, jawabannya ; Lantaran struktur serta rasa daging sapi dinilai paling cocok di lidah waktu dikunyah berbarengan dengan mie.
Bila suka selera pedas, bukanlah saos sambal tuk Mi Ongklok yang cocok. Tetapi cabe rawit yg sudah dihaluskan jadi sambal. Mi Ongklok yang lebih enak. Lantaran kuahnya lebih kental, ya itulah khas dan ciri dari mi ini.

Bahan-bahan
  • 300 gr mi basah/mie telur, direbus sesuai sama panduan kemasan
  • 3 sdm minyak untuk menumis

Bumbu ini dihaluskan dahulu :
  • 2 siung bawang putih
  • 4 butir bawang merah
  • 1/2 sdt merica butir
  • 1 sdt garam
  • 100 gr daging sapi rebus, potong-potong
  • 4 lembar daun kol, irislah kol
  • ½ ikat daun bawang kucai, irislah 2 cm
  • 750 ml kaldu daging
  • 3 sdm kecap manis
  • 1 sdm tepung kanji, larutkan dengan sedikit air

Langkah cara Membuat mie ongklok
  1. Langkah awalnya Panaskan minyak, tumis bumbu halus hingga harum
  2. Lalu Masukkan potongan daging rebus.
  3. Kemudian masukan kol, daun bawang kucai, serta kaldu daging. Masak hingga mendidih.
  4. Sekarang Tambahkan kecap manis, masukkan mi basah
  5. Selanjutnya Aduk-aduk, kentalkan dgn larutan tepung kanji
  6. Angkat serta hidangkan hangat

Nah cukup sederhana dan mudah namun hasil hebat, seperti sayur asem kami, Masakan ini sudah sangat terkenal di kota wonosobo dan menjadi salah satu ikon kota tersebut, Masakan Mie tradisional  ini patut lestarikan. begitulah Resep Mie Ongklok Khas Wonosobo ASLI BGT deh.

Tags :
Bagikan
Bagikan
Bagikan

Parfum Online

Artikel Terkait Resep Mie Ongklok Khas Wonosobo ASLI BGT