Resep Cara Membuat Makanan Nusantara Yang Enak

Resep Pempek Dos tanpa ikan Lembut Bingit

Resep Pempek Dos tanpa ikan Lembut Bingit nih. mendadak ingin masak pempek dos, ada referensi cara membuat yang cukup enak yang dijadikan acuan nih...mau tahu juga kan?.

Untuk wong palembang tulen pasti tahu dong pempek dos. yups pempek non ikan umum dimaksud juga pempek sagu. Jadi pempek di buat hanya memakai kombinasi tepung terigu, di resep pempek dos ini.

Resep Pempek Dos
Resep Pempek Dos tanpa ikan

tepung tapioka serta air hangat. Meskipun tanpa ada ikan namun pempek dos tak kalah terasa. Ini salah satu makanan favorite saya, dengan bentuk seperti perkedel kentang. Daripada pengantarnya kepanjuangan mending kita intip saja resep pempek dos ala saya

Resep Pempek Dos tanpa ikan Lembut
Bahan :
  • - 250 ml air
  • - 2 sendok teh garam
  • - 1 1/2 sendok teh kaldu bubuk
  • - 125 gr tepung terigu serba manfaat
  • - 2 butir telur
  • - 200 gr tepung tapioka / tepung sagu / tepung kanji / tepung kentang
Isi :
  • 4 butir telur, kocok terlepas
Saus cuko Resep Pempek Dos :
  • - 200 gr gula merah
  • - 100 gr gula pasir
  • - 500 ml air
  • - 3 sendok makan cuka atau 100 ml air asam Jawa

Bumbu yang dihaluskan untuk saus :
  • - 8 siung bawang putih
  • - 3 cabai merah keriting
  • - 5 cabai rawit merah
  • - 1 1/2 sendok makan ebi kering
  • - 1/2 sendok makan garam
Langkah Cara Membuat Pempek Dos tanpa ikan Lembut

Siapkan panci kecil, masukkan air, garam, kaldu bubuk serta bawang putih halus. Masak sampai air mendidih, aduk sampai bahan larut. Kecilkan api kompor, imbuhkan tepung terigu sedikit untuk sedikit memakai tangan kiri sesaat tangan kanan mengaduk cepat dengan memakai spatula atau pengaduk. Baiknya janganlah memakai spatula balon, lantaran adonan bakal menggumpal didalam kawat balon.
Aduk sampai adonan kalis serta masak. Kerjakan dengan cepat lantaran adonan cepat mengeras serta gosong. Angkat serta biarlah sampai dingin.
Tuang adonan tepung yang sudah dingin ke mangkok mikser, imbuhkan 1 butir telur lalu kocok dengan kecepatan rendah sampai tercampur baik. Imbuhkan lagi 1 butir telur serta lanjutkan mengocok sampai terbentuk adonan yang halus, bebas gumpalan.
Bila mau langkah yang lebih gampang, masukkan seluruhnya bahan ke food processor serta sistem sampai adonan jadi halus.
Tuang adonan ke mangkok, imbuhkan tepung tapioka/kanji sedikit untuk sedikit sembari diuleni sampai adonan kalis serta tak lengket di tangan.
Ambillah segumpal adonan, kurang lebih sebesar bola ping-pong, bulatkan dengan menggelindingkannya di telapak tangan.
Tempatkan bola adonan di tangan kiri, tekan sisi tengah adonan dengan ibu jari tangan kanan sampai terbentuk cekungan. Lebarkan serta dalamkan cekungan dengan jari anda, maksudnya yaitu kita bakal bikin kantung di adonan supaya dapat berisi kocokan telur.
Janganlah buat kantung terlampau lebar, namun buat kantung yang dalam. Mulut kantung yang lebar bakal bikin kita sulit untuk menutupnya saat sudah di isi telur, telur yang tentang permukaan kantung bakal bikin adonan sulit lengket saat bakal ditutup.
Tekan-tekan kantung supaya menipis serta ingin memanjang. Bila kantung sudah jadi serta cukup dalam untuk menyimpan kocokan telur, tuang kurang lebih 4 sendok makan kocokan telur, hati-hati jangan sempat menetesi permukaan kantung adonan. Tutup kantung serta jepit dengan jari anda sampai melekat dengan baik, tekuk ujung-ujungnya supaya tak terbuka waktu direbus.
Masukkan pempek ke air mendidih, rebus sampai masak. Yakinkan untuk merebus pempek sampai telur betul-betul keras. Pempek yang sudah mengapung bukanlah bermakna telur sudah masak, teruskan selalu merebus sampai pempek serta telur masak. Kurang lebih memerlukan saat 20 menit untuk membuatnya masak atau tekan dengan jari anda, bila kantung sudah keras bermakna telur sudah masak.
Goreng pempek dalam minyak panas sampai permukaannya kecoklatan, angkat serta tiriskan. Selesai dong resep Pempek Dos tanpa ikan Lembut nya.

Bikin saus cuko pempek dos :

Siapkan panci kecil, masukkan air, gula, bumbu halus serta garam. Masak sampai mendidih. Matikan api serta masukkan cuka/air asam jawa ke dalamnya. Aduk rata serta cicipi terasa. Imbuhkan cuka/air asam jawa serta gula bila terasa kurang cocok. Saring saus serta buang ampasnya.

Penyajian pempek dos :
Potong-potong pempek yang sudah digoreng, tata di mangkok atau piring serta siram dengan saus cuko. Dapat pula dilengkapi dengan rajangan ketimun. begitulah cara menyajikan hasil Resep Pempek Dos kita ini.

Semoga pengolahan anda juga benar dan mendapatkan kuliner khas palembang ini jadi enak, sehingga menjadi santapan lezat, sekian olahan Resep Pempek Dos tanpa ikan Lembut Bingit selesai.

Tags :
Bagikan
Bagikan
Bagikan

Parfum Online

Artikel Terkait Resep Pempek Dos tanpa ikan Lembut Bingit