Resep Cara Membuat Makanan Nusantara Yang Enak

Resep Kue Satu KETAN Sangat Istimewa

Resep Kue Satu KETAN Sangat Istimewa kering dan enak. Banyak sekali bahan yang bisa digunakan, seperti sagu kelapa, kacang hijau, namun juna memakai bahan tepung beras yang lebih lezat rasanya nanti, siap dengan makanan ini?.

Ini adalah kue yang sudah lama tidak terdengar, namun khas milik indonesia juga tradisional. Kue satu, biasaya berwarna putih, kering juga renyah. Cake satu hampir selalu datang di hari lebaran, bahan yang sering digunakan adalah beras ketan, kacang hijau / ijo dengan proses masak disangrai kemudian dipadatkan. Resep Kue satu dari bahan ketan ini admin sangat suka sekali. Yang unik lagi punya bentuk macam-macam, di cetak dalam kayu.

Resep Kue Satu KETAN

Resep Kue Satu KETAN

Tidak ada yang tahu mengenai penamaan kue satu ini. Nenek moyang kita menamakan demikian. buat cake satu ini sangat mudah, yang penting sediakan cetakan khususnya itu. cake satu dengan bahan tepung beras ketan, gula dan sedikit vanilli membuatnya sangat diminati. Juna sengaja akan memberikan cara membuat kue satu dari ketan ini karena sebentar lagi idul fitri.

Baca juga resep kacang telur khas lebaran.

Bahan-bahan wajib :
  • 1 kg Beras Ketan (belum dijadikan tepung)
  • 1/4 gula pasir
  • 1 gelas air
  • Secukupnya Vanili
Tips Cara Membuat Kue Satu Ketan :
  1. ~ Langkah awalnya beras ketan kita bersihkan dari kotoran-kotoran atau debu, kemudian dicuci dan ditiriskan.
  2. ~ Selanjutnya Beras ketan yang sudah bersih kita goreng tanpa menggunakan minyak kelapa di atas wajan dengan panas yang tidak terlalu tinggi agar beras ketan tidak hangus/gosong.

  3. ~ Kalau beras ketan digoreng kemudian ditumbuk agar beras menjadi tepung.
  4. ~ Kemudian Tepung ketan tersebut diembunkan pada malam hari, kira-kira 2 malam atau lebih supaya dalam pencetakan kuenya tidak hancur.
  5. ~ Nah jika pengembunan dianggap cukup, rebus gula dengan menggunakan panci.
  6. ~ Saatnya kita bikin adonan kue. masukan tepung ketan tersebut ke dalam baskom kemudian air gula, diberi vanili secukupnya. Sebaiknya adonan dibuat 3x supaya tidak mengeras sebelum dicetak.
  7. ~ Jika adonan cake satu rata benar, dimasukan dalam cetakan / tuangkan, lalu ditekan-tekan dengan tangan atau sendok.
  8. ~ Setelah itu ratakan hati-hati dengan menggunakan pisau, sampai hasil cetakan terlihat rapi. Keluarkan, lalu letakan di atas koran, didiamkan selama 1 jam supaya kering betul. beres resep kue satu ini.

Peralatan memasak kue satu :

Kompor/ dapur, Wajan, Lesung, Baskom, Saringan, Pisau, Panci, tirisan, Serok/ sendok penggorengan, Cetakan/ tuangan, Stoples.

Sebelumnya ada resep kue bangkit renyah

Sebaiknya Kue Satu disimpan dalam toples bersih juga kedap udara supaya lebih awet. cukup unik bukan?. Bagi sobat yang punya niat membuat sendiri sajian sedap dirumah, resep kue satu kacang ketan dari juna kali ini akan membantu sobat, cocok untuk untuk menjamu para tamu yang ingin bersilaturahmi.

Tags :
Bagikan
Bagikan
Bagikan

Parfum Online

Artikel Terkait Resep Kue Satu KETAN Sangat Istimewa